Biografi Pheidippides (Philippides)

Pheidippides (Philippides) adalah seorang Yunani dari Athena. Ia adalah pelari atletik terlatih dan pesuruh yang menciptakan contoh langka akan dedikasi, keberanian dan stamina. Ia juga menetapkan apa yang sekarang disebut “marathon” ketika ia berlari 26 mil nonstop dari kota Marathon di Yunani ke Athena untuk membawa berita kemenangan Yunani atas Persia dalam Perang Marathon.

Sebagai seorang pelari, Philippides sesungguhnya membuat rekornya dalam dunia kuno tidak lama sebelum ia melakukan lari Marathonnya. Ini terjadi ketika ia menyelesaikan lari dari Athena ke Sparta berjarak 158 mil untuk menghimbau bala bantuan. Ia menempuh jarak itu dalam satu hari, menurut Herodotus yang mencatat kejadian itu pada tahun 430 SM.

Ia kemudian segera kembali dari Sparta ke Athena sehingga jarak pulang balik adalah 315 mil yang ditempuh dalam dua setengah hari dengan berlari, dan kemudian memolesnya dengan lari sejauh 26 mil untuk mengumumkan kemenangan itu. Prestasi ini makin mencengangkan kalau Anda mengetahui bahwa atlet Yunani ini memilih salah satu dari memakai sandal atau bertelanjang kaki.

Sementara Plutarch yang menulis pada tahun 100 M menjelaskan bahwa seorang tentara bernama Eukles yang sebenarnya melakukan lari Marathon, pernyataannya bahwa tentara tersebut lari sepanjang jarak tersebut masih dalam baju besinya setelah berperang membuat pernyataan itu menjadi meragukan.

Karena semua penulis menulis kejadian ini berdasar pada penjelasan lisan atau tertulis dari saksi mata, kita cenderung lebih mempercayai penjelasan awal dari Herodotus karena ditulis lebih dekat pada waktu peristiwa terjadi. Saat kedatangannya di Athena setelah lari 26 mil, Philippides dikatakan berseru; “Bergembiralah! Kita menang!” dan meninggal karena keletihan saat itu juga. Stamina dan keberaniannya kini timbul ketika seorang pelari dengan kemampuan marathon luar biasa muncul.

Philippides memberikan ilham bagi para pelari. Bahwa ia menciptakan salah satu jarak lari yang jauh dan bahwa hal itu tetap berlangsung sampai sekarang, merupakan “rekor ketahanan” (dalam jenis lain) selama 2484 tahun!