Biografi Phayllos Dari Croton

Dalam masa peradaban kuno Pentathlon merupakan peristiwa olah raga kompetitif yang terdiri dari lompat jauh, tolak pelmu, gulat, lari cepat 200 yard, dan lempar lembing, walaupun tak harus dalam urutan begitu. Phayllos adalah yang paling terkenal di antara atlet-atlet Pentathlon Yunani.

Phayllos menciptakan prestasinya satu abad setelah Milo dari Crotona mencengangkan dunia dengan karier legendarisnya. Phayllos memenangkan Pentathlon di pertandingan Pythian di Delphi selama dua kali, dan juga merupakan pemenang dalam peristiwa di luar Pentathlon.

Salah satu prestasi Phayllos bahkan menjadi istilah di jaman sekarang seperti “mendorong amplop” dalam kasus Phayllos, istilah itu berarti “di luar wilayah tergali”, yang mengacu pada lompat jauhnya y’8 memecahkan rekor sejauh 55 kaki atau lima kaki melebihi titik mendarat.

Haruslah dipahami bahwa jarak dalam “kaki” yang kita pakai dalam rekor ini adalah kaki dalam Delphi yang secara kasar sepanjang tujuh inci (sebagai perbandingan, satu “kaki” di Olympia adalah lebih dari 12,5 inci). Berarti di masa sekarang jarak itu setara dengan 33 kaki. Selain itu harap dipahami bahwa pelompat jauhYunani menggunakan beban empat pon di setiap tangan untuk menambah kepesatan pada lompatan mereka, meskipun ancang-ancangnya pendek dan mungkin menguntungkan memakai beban.

Prestasi terkenal Phayllos lainnya adalah tolak peluru sejauh 95 kaki. Hampir mustahil untuk membuat perbandingan dengan rekor tolak peluru sekarang, karena peluru di jaman Phayllos terbuat dari batu dan beratnya bervariasi dari 2,75 pon sampai 12,5 pon dan ukurannya pun bervariasi.

Orang harus memperkirakan bahwa orang-orang kuno mempertimbangkan variasi-variasi ini ketika menyelenggarakan kejuaraan. Gaya Yunani dalam tolak peluru juga melibatkan hanya satu langkah ke depan, dan peluru dilempar dalam lengkung vertikal.

Kita memiliki wewenang penulis-penulis kuno terkemuka — yang menulis setelah masa Phayllos — seperti Herodotus, Pausanius, Zenobius dan Scholion yang mengatakan bahwa Phayllos merupakan salah satu atlet kuno terbesar.