Biografi Milo Dari Croton

Lahir di Crotona (sekarang disebut Calabria) pada tahun 558 SM, Milo sama terkenalnya seperti kebanyakan pahlawan- pahlawan dalam mitos Yunani. Karier atletiknya yang kebetulan bersamaan dengan era Olympiade yang pertama berlangsung selama 25 tahun dan membuatnya terkenal. Mungkin ia menjadi atlet yang paling dominan dalam segala bidang olah raga sepanjang waktu. Seperti yang diungkapkan oleh seorang penulis: “tak ada dewa atau manusia yang dapat melawannya!”

Citra Milo yang ditinggalkan pada kita adalah bahwa seorang manusia dapat membawa sapi muda seusia empat tahun di pundaknya. Bobot yang ia bawa diperkirakan sedikitnya 900 pon dan rekornya jelas: Milo membawa sapi muda di atas pundaknya, berarti menyajikan pertunjukan yang sangat sulit. Ini ditambah lagi dengan jaraknya — sepanjang stadion Olympiade yang lebih dari 600 kaki (600 kaki Olympiade kuno setara dengan 630,74 kaki jaman sekarang).

Milo adalah juara gulat selama enam kali Olympiade, tujuh kali Pythian, sembilan kali Nemean dan sepuluh kali Isthmian. Ia gagal menjadi juara Olympiade ke tujuh kalinya karena — di sini kita memiliki dua penjelasan — karena gulat dibatalkan karena tak satupun lawannya berani tampil, atau karena lawan satu-satunya, Timastheos, menolak mendekatinya begitu berada di arena.

Milo dianggap sebagai atlet Olympiade kuno yang paling besar. Seperti yang kadang-kadang dibuat untuk atlet yang begitu dihormati, sebuah patung perunggu besar dibuat untuk menghormatinya. Namun patung itu menyebabkan masalah — karena harus dikirimkan ke Altis (“tempat tinggi”) di Olympia, dan tak seorangpun dapat mencari cara untuk melakukannya. Daripada menderita kemerosotan karena penghormatan padanya, Milo secara kooperatif mengangkat patung itu dan membawa serta meletakkannya di Altis.

Fragmen-fragmen tulisan Yunani adalah sumber-sumber yang kita ketahui tentang Milo: ketika dan bagaimana ia meninggal, kita tak tahu — tetapi rekornya jelas bahwa ia sebuah fenomena dari dunia atletik kuno.