Abdul Malik bin Quraib Al-Asma’i dilahirkan pada tahun 739 di Basrah. la merupakan sarjana muslim pertama yang mengkaji ilmu alam dan zoologi (ilmu tentang binatang). Namanya kian berkibar setelah menulis sederet karya-karya besar tentang ilmu zoologi. Salah satu buah pikirnya yang sangat terkenal dan mengupas tentang hewan adalah Kitab At-Khail yang membahas seluk-beluk binatang kuda. Selain itu, dia juga menulis Kitab Al-Ibil yang mengupas tentang unta.

Biografi Abdul Malik bin Quraib Al-Asma’i

Abdul Malik juga menulis Kitab Al-Sha yang mengupas tentang kambing. Beragam jenis hewan liar juga dipelajari Abdul Malik melalui Kitab Al-Wuhush. Secara khusus, ia juga mengkaji tentang manusia melalui Kitab Khalq Al-Insan.

Abdul Malik juga tercatat sebagai salah satu ilmuwan pertama yang mempelajari tentang anatomi manusia. Salah satu kitabnya yang sangat fenomenal adalah Kitab Al-Asmai yang masih menjadi rujukan ilmuwan di Austria hingga paruh kedua abad kesembilanbelas Masehi. Ilmuwan hebat ini meninggal pada tahun 831 M. (http://biografi.biz)

Kategori : Sains / Sumber : http://biografi.biz/abdul-malik-bin-quraib-al-asmai

Download Biografi KamiKamu di Google Playstore