Ruth Handler adalah pendiri Mattel Inc, sebuah perusahaan yang memproduksi mainan seperti boneka. Perusahaan ini berhasil meraih pasar di seluruh dunia dan tergolong sukses sepanjang masa dengan produk andalan Boneka Barbie dan Action Figure G.I. Joe. Hingga sekarang, Barbie masih mendapat tempat teratas di antara mainan anak-anak lainnya. Disinyalir, lebih dari 1 miliar boneka Barbie tersebar di 150 negara. Perusahaan ini dirintis oleh suami Ruth bersama temannya, Harold Matt Matson. Itulah mengapa perusahaan itu diberi nama Mattel, gabungan dari Matt dan Elliot. Sementara ide boneka Barbie berasal dari Ruth. Mattel.Inc berhasil mencetak keuntungan yang tidak sedikit dan masuk dalam daftar 500 Fortune.

Biografi Ruth Handler

Ruth Handler lahir di Denver, Colorado, USA pada tanggal 4 November 1916 dengan nama Ruth Marianna Mosko. Ruth merupakan keturunan Yahudi. Ruth anak bungsu dari 10 saudara. Sewaktu kecil, Ruth diasuh oleh kakaknya yang lebih tua. Orangtuanya, Jacob Mosko dan Ida Rubenstein adalah imigran asal Polandia. Jacob dan Ida pindah dari negaranya menuju Denver dengan menumpang kapal uang. Jacob Mosko memiliki profesi sebagai seorang pandai besi.

Nama Handler berasal dari suaminya, Elliot Handler. Mereka menikah pada tahun 1938 dan berpisah setelah Ruth meninggal dunia pada 27 April tahun 2002 karena kanker payudara. Dari pernikahannya, mereka memiliki dua orang anak, yaitu Barbara Handler dan Kenneth Handler. Elliot lahir di Chicago, Illinois, pada pada tanggal 9 April 1916.

Elliot pemah belajar di Art Center College of Design di Pasadena, California. Ruth bertemu dengan Elliot ketika ia mengambil kursus desain industri di Hollywood. Elliot juga mengambil kursus yang sama dengan Ruth, dan mereka jatuh cinta. Elliot mengalami gagal jantung dan meninggal pada 21 Juli 2011, 9 tahun setelah kematian Ruth.

Mattel.Inc pada awalnya memproduksi bingkai foto dan furnitur rumah boneka. Namun, penjualan dari bingkai foto kurang bagus sehingga mereka memutuskan untuk fokus pada bisnis mainan. Sebelum mendirikan Mattel, Elliot juga pemah mendirikan perusahaan bersama temannya Zachary. Usaha ini tidak bertahan lama dan berakhir dengan ketidakpuasan.

Kemudian, mereka memproduksi Barbie, sebuah boneka dewasa yang dijadikan mainan untuk anak-anak. Ruth terinspirasi dari anaknya, Barbara yang lebih suka bermain dengan boneka dewasa ketimbang boneka bayi. Awalnya, suaminya tidak terlalu mendukung ide Ruth. Setelah pulang dari Jerman, pada tahun 1959, Ruth menciptakan Barbie yang diambil dari nama Barbara, anaknya. Elliot akhirnya luluh dan yakin akan menjual sebuah boneka dewasa untuk anak-anak. Akhirnya, Barbie tampil perdana di Amerika Toy Fair di New York dan berhasil terjual 350.000 pada tahun pertamanya.

Dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1961, Ruth menciptakan pasangan untuk Barbie, Ken. Ken diambil dari nama anaknya, Kenneth. Ruth memberi nama Ken untuk mengenang Kenneth yang telah meninggal karena tumor otak pada tahun 1994. Lahirnya Ken ini atas dorongan para pencinta Barbie yang menginginkan adanya pasangan untuk Barbie.

Selain Barbie dan Ken, juga ada Allan yang menjadi teman Ken, Cheryl dan Todd. Allan diambil dari nama suami Barbara Handler, yaitu Allan Segal. Pada tahun 1960, Ruth juga memproduksi boneka berbicara bernama Chatty Cathy. Tak hanya itu, melainkan juga ada Chatty Baby, Creepy Crawlers, Charmin Chatty, Liddle Kiddles (1970) dan Hot Wheels (1968).

Hanya berawal dari imajinasi, boneka yang diciptakan Ruth akhirnya mengguncang dunia dan menjadi ikon Amerika. Barbara, anaknya suka bermain boneka kertas. Sementara, boneka kertas itu mudah robek. Dengan niat menciptakan mainan baru yang bertahan lama, Ruth terdorong untuk mendesain sebuah boneka yang kemudian menjadi Barbie. Barbie merupakan boneka perempuan yang memiliki rambut panjang, mata biru, serta tampak ideal dengan kaki dan lengannya yang panjang.

Ciptaan Handler semakin berkembang dan menginspirasi perusahaan lain menciptakan baju dan
rumah Barbie. Harga baju dan rumah Barbie tak kalah mahalnya dengan boneka Barbie itu sendiri. Namun begitu, Barbie tetap menjadi mainan anak-anak bahkan wanita dewasa kelas menengah ke atas.

Barbie terkenal sebagai boneka yang populer lebih dari 50 tahun terakhir. Atas idenya yang mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat, Ruth diangkat menjadi presiden Mattel.Inc pada tahun 1967. Di bawah kepemimpinan Ruth, Barbie berhasil dipasarkan ke seluruh dunia. Mattel pun berjaya berkat Ruth.

Download Biografi KamiKamu di Google Playstore