Penemuan Jean Dausset pada tahun 1958 adalah tentang antigen lekosit manusia (HLA), sistem jaringan yang “membantu” dokter untuk memastikan kompatibilitas antara donor dan penerima untuk transplantasi organ.

Biografi Jean Dausset

“Terima kasih kepada penemuan ini, dan transplantasi organ sumbangan, yang dikembangkan di seluruh dunia, yang dapat mempertahankan banyak kehidupan,” ujar Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, yang mengeluarkan pernyataan beberapa waktu setelah; meninggalnya Dausset pada 6 Juni 2009.

Dausset dilahirkan di Toulouse, pada 19 Oktober 1916. Ia belajar di Fakultas Kedokteran Paris, sebelum menjadi seorang profesor di sana. Ia mendirikan Prancis Transplantasi dan Pusat Kajian untuk Polymorphism Manusia, yang membantu membuat genetik dan peta fisik gen manusia, serta penempatan gen yang bertanggung jawab dalam penyakit-penyakit genetika.Ilmuwan yang memiliki nama lengkap Jean Baptiste Gabriel Joachim Dausset ini menerima penghargaan Nobel dalam bidang fisiologi atau kedokteran pada tahun 1980 bersama dengan Baruj Benacerraf dan George Davis Snell atas penemuan dan pencirian gen yang menyusun kompleks histokompatibilitas mayor.

Dengan penghargaan Nobel-nya dan anugerah dari Televisi Prancis, Dausset bisa membentuk Pusat Studi Polimorfisme Manusia (CEPH) pada tahun 1984, yang kemudian berubah nama menjadi Foundation Jean Dausset CEPH.

Download Biografi KamiKamu di Google Playstore